Java OOP : Program Hitung Nilai Mahasiswa Berbasis GUI ( Jframe Form )
Assalamualaikum codingers
Jframe Form pada Java
Jendela merupakan komponen utama sebuah aplikasi GUI
Di dalam jendela kita memasukkan berbagai macam komponen seperti tombol, teks, combobox, dan lain-lain.
Jendela pada pemrograman Swing dapat kita buat dengan Class JFrame Form.
Pada kesempatan ini, kita akan membuat sebuah program menghitung nilai akhir mahasiswa dengan berbasiskan jendela GUI ( JFrame Form ). Berikut step by step nya.
- Pertama buat file project dengan nama hitungNilaiAkhir yang didalamnya terdapat 2 package yaitu Form dan Img.
- Kemudian pada package Form klik new dan pilih Class JFrame Form
- Langkah selanjutnya adalah mendesain tampilan jendela kita dengan pallet yang tersedia. Disini saya menggunakan komponen label, button, dan text field saja.
- Setelah desainnya sudah jadi, selanjutnya adalah mengubah nama variabel tiap komponen GUI supaya lebih mudah dalam pengoperasian logika programnya. Caranya dengan cara klik kanan pada komponen yang ingin diubah, lalu pilih change variabel name..
ABSEN => getAbsen
TUGAS => getTugas
QUIZ => getQuiz
UTS => getUTS
UAS => getUAS
NILAI ANGKA => showNA
NILAI HURUF => showNH
BOBOT => showBobot
HITUNG => runHitung
- setelah nama variabel setiap komponen diubah, selanjutnya klik kiri 2x pada bagian button HITUNG. Kita akan diarahkan kehalaman source code hitungnya.
- Kemudian kita ketikkan code dibawah ini pada method runHitungActionPerformed
int absen, tugas, quiz, uts, uas, nHuruf, bobot;
double nAngka;
absen = Integer.parseInt(getAbsen.getText());
tugas = Integer.parseInt(getTugas.getText());
quiz = Integer.parseInt(getQuiz.getText());
uts = Integer.parseInt(getUTS.getText());
uas = Integer.parseInt(getUAS.getText());
nAngka = (double) (0.1*absen + 0.15*tugas + 0.2*quiz + 0.25*uts + 0.3*uas);
showNA.setText(String.valueOf(nAngka));
if(nAngka<=54){
showNH.setText("E");
showBobot.setText("0");
}else if(nAngka<=64){
showNH.setText("D");
showBobot.setText("1");
}else if(nAngka<=74){
showNH.setText("C");
showBobot.setText("2");
}else if(nAngka<=84){
showNH.setText("B");
showBobot.setText("3");
}else if(nAngka<=100){
showNH.setText("A");
showBobot.setText("4");
}
Download DISINI
referensi
Komentar
Posting Komentar